Senin, 09 Januari 2012

Fenomena

Sepanjang Jakarta, mau di pusat ibu kota atau bahkan di pinggiran jakarta, selalu saja penuh dengan yang namanya anak jalanan. eh, sebenarnya nggak pantas kali ya disebut sebagai anak jalanan, karena mereka kan kebanyakan diturunkan ke jalanan oleh suatu oknum yang mencoba memeras tenaga mereka demi keuntungan pribadi!! menurut saya sih, akan lebih pantas kalo saya sebut mereka ini sebagai "pekerja jalanan" atau disingkat PJ.

Dari rumah saya di Cempaka Putih sampai kantor saya di daerah Lapangan Banteng yang berjarak hanya 2,5 km, tak hanya cukup sekali saya disapa oleh para PJ itu. Yah, kalo mau dihitung, PP saya dari dan ke kantor paling enggak sudah diwarnai dengan teriakan 5 orang PJ, dengan berbagai gaya, nada dan cara yang pastinya sudah mereka hafalkan jauh-jauh hari sebelumnya. Ada yang bergaya sok preman, ngumpat2 nggak jelas, dan meminta dengan gaya menodong.. Ada pula yang bawa dedek kecil di gendongan (kalo yang ini, saya amat sgt kasian, terus jadi keinget sama anak dirumah deh..:-(), minta uang buat beli susu anaknya.. Ada yang dengan kalimat-kalimat tausiyah, dengan lagu-lagu ngehit yang nggak jelas nada syairnya. dan masih banyak gaya lagi, yang intinya sih sama, UNTUK MENARIK BELAS KASIHAN para penumpang angkutan umum.

Bagaimana dengan reaksi saya???

Kadang banget, kalo saya sdg melooowww, n kasihan, ya sudah deh, saya kasih aja sekeping uang 500an. Cuma, itu hanya kadang banget.. Soalnya, dari desas desus yang beredar, uang hasil dari ngamen, nodong, etc itu nanti bakal dikasihkan ke Bosnya, si Oknum itu, terus mereka dikasih bagian deh, yang ngga seberapa tentunya. Lha kalo saya ngasih ke PJ itu, sama saja dengan saya ngasih ke Bosnya yang sedang ongkang-ongkang di istananya dunk!!

Nha, akhir-akhir ini, saya sering mikir, untuk memberikan kontribusi ke mereka dalam bentuk lain. kan gini ni, si PJ tiap kali minta-minta pasti bilangnya butuh duit buat makan, jadi sekarang, saya pengennya setiap hari bawa roti (yang dijual seribuan itu) sebungkus atau dua bungkus, terus kukasihkan ke PJ deh.. pengennya sihhh... (cuma sampe sekarang belum terlaksana, gara2 lupa mulu.. hahha). jadi kan dengan begitu, Roti itu bakal dimakan sama si PJ itu kan!!! (ide aneh)

Abisnya, saya nggak iklas sih, kalo ngasih duit ke mereka.. T_T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar