Kamis, 26 Januari 2012

Prosedur Pendaftaran haji Kabupaten Cilacap..

Libur yang cukup panjang bulan ini, saya isi dengan pulang ke kampung halaman suami, mumpung suami juga kebetulan sedang ambil cuti, dan juga ada urusan buat daftar haji bareng sekeluarga (berempat, 2 mertua saya, suami, dan saya sendiri.. moga taun depan ortu saya bisa nyusul deh...)

Minggu pagi saya berangkat ke Cilacap, untuk mulai menyiapkan berkas-berkas (beberapa sih sudah disiapkan sama Ibu mertua, :D). Berkas apa aja sih yang perlu disiapkan??
1. Foto copy KTP yang masih berlaku 6 Lembar
2. Photo berwarna terbaru ukuran 3 x4 8 lembar, latar belakang putih, close up, wajah 80 %,
3. Foto Copy KK 3 Lembar
4. Boleh pilih salah satu aja (saya pakai akta nikah): akta nikah, akta lahir, ijazah, 3 lembar
5. Copy rekening haji yang telah mencapai 25.500.000 rupiah (yang 25 juta, untuk biaya daftar haji, yang 500 ribu, untuk sisa tabungan di Bank)
6. Copy surat kesehatan dari puskesmas setempat 1 lembar aja.

dari 6 syarat itu, yang bisa saya persiapkan awal sih baru poin 1-4, yang lainnya baru dicari pas hari selasa besoknya deh..

Senin, agenda kosong..

Selasa, jam 07.30 pagi, saya sudah ngantri ke Puskesmas terdekat (puskesmas Maos_ red), cek tensi, tinggi badan, berat badan, gol. darah, Hb, Gula darah, fiuuhhhhh, sejam kemudian, saya berhasil mendapatkan surat keterangan sehat dari pak dokter.. alhamdulillah,.. Oya, di Puskesmas, bakal dimintain Foto 4x6 sebanyak 6 lembar, jadi persiapkan juga dari awal.

lanjut, saya segera menuju Bank tempat saya mau naruh uang tabungan haji saya, dan bank yang terpilih adalah Bank mandiri cabang cilacap.. sampai bank jam 09.30, ngantri, isi formulir, transfer dana dari rekening mandiri biasa ke rekening tabungan haji,. kalo disini mah, syaratnya asal bawa KTP aja sudah cukup.

jam 11.00 prosedur bkin butab haji selesai,dan kami langsung menuju ke Depag cabang Cilacap (setelah mengcopy buku tabungan dan surat sehat), alhamdulillah, sudah ga ngantri (mungkin karna datengnya siang kali ya??), dicek kelengkapannya, alhamdulillah sudah lengkap, dan kami tinggal memasukkan data ke SISKOHAJnya,,

Nha, ini dia yang butuh waktu lama, gara2 sistemnya yang lemot, n jam istirahat sistemnya ditutup, jadinya sampe jam 2 lah, kami baru berhasil terdaftar di sistem. cap jempol, Tandatangan, dan dikasihlah kami SPPH 4 lembar,bwt dbwa ke bank,..
Fiuhh,akhrny smpe jugalah kmi pada thap trakhr,nyerahin SPPH ke bank n transfer dana haji ke rekening kementerian agama.. Karna kami pakai bank mandiri,jadiny kmi ga ush balik lg ke depag,krna nti yg nyerahin lmbar SPPH org banknya..

Dan alhamdulillah,sehari bsa selesai.. Smga umur msh panjang,dan jasad msh sehat agar bsa menunaikan ibadah haji,insyaallah 8 tahun lg...

2 komentar:

  1. semoga saia jg bisa nyusull...amin..segera..amiinn..
    thx infone tiff..very usefull, next time if i wanna go hajji.. :D

    BalasHapus
  2. amiiiinn.,. atas segala niat baik, insyaalloh Dia selalu mendengar doa hambaNya, dan insyaAlloh, doa yang baik akan dikabulkan.. Amiiinn.

    BalasHapus