Kamis, 05 Januari 2012

Receh..

Belanja di A*faMart, abis Rp 27.700, masih ada kembalian minimal Rp 300 recehan..
Belanja lagi di Carre***r, abis 86.600, masih ada kembalian minimal Rp 400 recehan..
Belanja lagi, belanja lagi, lagi dan lagi hingga berkali-kali, dan hampir selalu mendapatkan kembalian uang recehan..

Sempet kepikiran ga sih untuk mengumpulkan sekeping demi sekeping logam kembalian dari hasil kita belanja tadi??

Barusan, melihat dan ikut nimbrung menghitung recehan yang dimiliki seorang teman, hasil dari kembalian-kembalian tiap dia belanja.. Sayangnya sih, saya tidak sempat nanya ke dia, sejak kapan uang recehan itu dia kumpulkan. Dan hasilnya,,,, Waooowww, sampai hampir 125 ribu!!!
Banyak juga yak!!!

Saya jadi mikir, dengan saya yang cukup sering belanja di Al*a, In*o, etc, pastinya kalo uang receh kembalian itu saya kumpulkan, akan jadi banyak pula yak!! selama ini kan, saya biasanya males menghitungnya kembali, karena kebiasaan saya pula, biasanya suka saya bawa pulang kampung n saya kasihkan ke adik2 saya yang masih SD, tanpa saya hitung dulu (yang pasti sih buanyaaakkk:p).. Ato kalo enggak, kalo kebetulan hati saya sedang terketuk untuk menjadi manusia dermawan, kukasihlah sekeping receh itu buat pengemis jalanan di sepanjang perjalanan pulang dan berangkat kantor saya. Ato, kalo saya nggak sadar, kadang uang receh saya jatuh entah kemana, dannnn ya sudah, "cuma uang receh ini" pikir saya.

Emang sih, keliatannya recehan itu kecil, nothing lah ya.. nggak bisa dipake buat beli apa2 di jaman sekarang ini.. Lha wong permen aja Rp 100 nggak dapet!! harga gorengan, rata2 malah satuannya seribuan. mahal ya?? lantas apa arti uang recehan 100an, 200an itu?? buat apa coba??

sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit..
Hmmm, saya sangat setuju dengan pepatah lama ini.. 100 perak, 200, 500, kalo itu setiap hari kita kumpulkan, selama sebulan aja deh, pasti dah jadi banyak juga kan.. n pasti bisa buat nambah uang belanjaan juga kan?? ato setidaknya, bisa buat nambahin rejeki orang lain yang membutuhkan lah ya.. (betapa recehan kecil itu amat berarti...)

ini tentang recehan hasil kembalian..

sekarang, kita anggap aja recehan yang saya maksud disini recehan untuk kita beli sesuatu barang deh..

Kita ke pasar, niat hati sih,cuma buat beli telur setengah kilo, 8ribu doank kan ya!! eh, alhasil, kita liat ada yang jual tempe, belilah, 1ribu aja.. ada yang jual sayuran, beli 1 ribu, ada jepitan rambut murah, beli 1ribu, dst.. dst.. dst... hingga tak terasa uang 1ribu demi 1 ribu yang kita keluarkan itu, malah lebih dari uang 8 ribu yang rencananya hanya untuk membeli setengah kilo telur itu.. ya nggak??

Recehan kecil-kecil, yang sering tidak kita sadari kemana larinya, kemana alokasi pembelanjaanya, ternyata malah menjadi bagian dari pengeluaran terbesar dari bulanan kita..

Kok bisa ya??????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar